Pengertian Manajemen

Definisi Manajemen menurut para Ahli


Manajemen adalah salah satu konsep kunci yang mendasari kesuksesan berbagai organisasi, baik dalam dunia bisnis maupun sektor lainnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian manajemen secara mendalam, melihat bagaimana konsep ini membentuk dasar pengambilan keputusan, pengelolaan sumber daya, dan pencapaian tujuan. Mari kita mulai dengan memahami esensi sebenarnya dari manajemen dan bagaimana perannya membentuk fondasi yang kuat untuk pertumbuhan dan efisiensi.


 

berikut ini adalah definisi manajemen dengan berbagai pemikiran para ahli.


Manajemen menurut Drs. H. Malayu S. P Hasibuan

Manajemen menurut beliau adalah sebuah seni atau ilmu untuk mengatur dan memproses sumber daya yang ada baik itu sumber daya manusia maupun sumber lainnya. Sumber-sumber tersebut diproses dan diatur demi mencapai tujuan tertentu.Menurut Andrew F. Sikula

Menurut Andrew F. Sikula

Manajemen merupakan kegiatan untuk merencanakan, mengatur, mengorganisasikan, mengendalikan, menempatkan, memberi motivasi, komunikasi dan mengambil keputusan yang dilakukan oleh sebuah organisasi. Kegiatan-kegiatan itu dilakukan untuk mengelola sumber daya yang dimiliki. Dari sumber daya itulah kemudian tujuan akhirnya adalah untuk menghasilkan suatu produk maupun jasa secara efisien.

Pendapat Henry Fayol

Henry Fayol menuturkan bahwa di dalam manajemen terkandung lima gagasan utama yaitu merancang, mengkoordinasikan, memerintah, mengatur/mengorganisasikan, serta mengendalikan.

Millet

Pendapat Millet pada tahun 1954 mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses kepemimpinan untuk melancarkan pekerjaan yang dilakukan. Proses ini dilakukan dengan mengorganisir dengan cara formal orang-orang yang ada di dalamnya dan menjadikannya sebagai kelompok untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pendapat Prof. Oei Liang Lee

Prof. Oie menyatakan bahwa manajemen merupakan ilmu serta seni untuk mengkoordinasikan tenaga manusia juga mengawasinya menggunakan bantuan alat-ala. Semua ini dilakukan demi meraih tujuan akhir yang sudah ditetapkan.

Menurut Plunkett et. al

Manajemen menurut Plunket dkk. Adalah satu atau lebih manajer baik secara individu maupun secara kolektif menyusun dan meraih tujuan. Tujuan tersebut diraih dengan melaksanakan fungsi-fungsi yang saling terkait; seperti perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, mengawasi dan mengarahkan serta mengkoordinasikan sumber daya yang dimiliki;  Sumber Daya Manusia (SDM), bahan baku atau material.

Henry Fayol

Sedangkan menurut Fayol, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.

Oey Liang Lee

Menurut Lee, pengertian manajemen adalah ilmu dan seni untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai tujuan.

Ricky W. Griffin

Menurut Lee, pengertian manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi, dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai tujuan dengan efektif dan efisien.

Mary Parker Foleot

Menurut Foleot, pengertian manajemen adalah sebuah seni untuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Pengertian ini dapat diartikan sebagai fungsi seorang manajer yang mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Federick Winslow Taylor

Sedangkan menurut taylor, pengertian manajemen adalah seni mengetahui apa yang harus dilakukan dan melihat bahwa itu dilakukan dengan cara sebaik mungkin.

Koontz dan Weihrich

Koontz dan Weihrich mengemukakan bahwa pengertian manajemen adalah proses merancang dan memelihara lingkungan di mana individu, bekerja sama dalam kelompok, secara efisien mencapai tujuan yang dipilih.

Dari sejumlah pengertian para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian manajemen adalah suatu proses, cara, atau metode pengelolaan, yang mencakup perencanaan, eksekusi, dan evaluasi, untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MINDFULNESS

TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA KEMAJUAN TEKNOLOGI

Apa itu BISNIS ???