MINDFULNESS

 MINDFULNESS


Mindfulness adalah suatu praktik atau terapi yang dilakukan untuk mengobati pikiran dan tubuh berdasarkan tehnik meditasi Buddha. Dalam agama Buddha ada istilah 4 perenungan Sattipathana. 4 perenungan tersebut antara lain: 

  1. Perenungan terhadap TUBUH (kayanupassana)
  2. Perenungan terhadap PERASAAN (vedananupassana)
  3. Perenungan terhadap KESADARAN (cittanupassana)
  4. Perenungan terhadap BENTUK-BENTUK PIKIRAN (Dhammanupassana)

Manfaat dari praktik mindfulness ini adalah membuat kita lebih menyadari tidak ada hal yang abadi seperti perasaan marah atau bahagia yang kita rasakan adalah sesuatu yang bersifat sementara dan memahami diri kita sendiri dimana akan membantu dalam mengatasi masalah, stress, depresi, dan kegelisahaan. Buddha juga pernah bersabda bahwasannya empat perenungan di atas merupakan jalan untuk dapat melenyapkan kesedihan, penderitaan, dan kesengsaraan sehingga dapat merealisasikan Nibbana.

selain itu, bahwa minfulness bermanfaat untuk pembelajaran. Sekolah yang menyediakan program mindfulness dapat meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan konsentrasi dan fokus, membantu mengatasi stres dan kecemasan, memperkuat empati dan kemampuan sosial, meningkatkan kepercayaan diri dan kesejahteraan emosional, memperkuat kontrol impuls dan pengambilan keputusan, membantu mengatasi masalah perilaku, dan meningkatkan kemampuan belajar dan hasil akademis.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA KEMAJUAN TEKNOLOGI

Apa itu BISNIS ???